Senin, 07 April 2008

BAB I

BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang


Dunia teknologi dan ilmu pengetahuan telah berkembang pesat seiring dengan perkembangan zaman, sehingga menuntut kelancaran jalannya informasi yang akurat agar dapat disajikan disegala macam bidang sesuai dengan kebutuhan.


Informasi sangatlah penting dan sangat dibutuhkan bagi suatu perusahaan atau instansi. Informasi yang cepat dan akurat sangatlah dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja instansi atau perusahaan terkait, sehingga menimbulkan dorongan bagi perusahaan atau instansi terkait untuk dapat mengelola data menjadi sebuah informasi yang tepat dan akurat dengan alat teknologi informasi. Teknologi informasi yang berbasis komputer sangat pula dibutuhkan dalam pengelolaan suatu data menjadi informasi.

Komputer merupakan sarana yang dapat kita gunakan untuk menyajikan suatu informasi secara cepat. Komputer dapat digunakan untuk memproses data – data yang berbentuk perhitungan ataupun yang berbentuk logika. Melalui operasi logika dan algoritma data dapat diolah sehingga menghasilkan informasi yang dibutuhkan bagi pengguna sesuai dengan keinginan. Informasi yang dibutuhkan dapat berbeda – beda bagi para pemakai sehingga hampir setiap kehidupan manusia memerlukannya.


Restoran Sam’s Anna merupakan perusahaan swasta yang bergerak dibidang Jasa. Dalam melakukan kegiatan pengolahan data dan penyimpanan data Restoran Sam’s Anna masih menggunakan sistem pengolahan data yang sangat sederhana.

Dimana sistem ini masih terdapat beberapa kendala di dalam mengolah data, khususnya pada pengolahan data laporan kas masuk dan kas keluar, sehingga informasi yang disajikan menjadi terhambat dan dapat berpengaruh pada efektifitas dan efisiensi kerja para karyawan perusahaan tersebut.

Penulis mengambil pengolahan data laporan kas masuk dan kas keluar pada Restoran Sam’s Anna mengingat sistem yang digunakan masih sangat sederhana.Dengan sistem yang dibuat oleh penulis ini maka pengolahan data laporan kas masuk dan kas keluar dapat dilakukan dengan cepat, dan dapat memberikan informasi yang akurat semaksimal mungkin.



1.2 Batasan Masalah

Agar pembahasan yang diurai tidak menyimpang dari permasalahan pokok, maka penulis perlu membatasi ruang lingkup permasalahan yaitu pengolahan data pada Restoran Sam’s Anna mengenai pengeluaran & pengeluaran kas yang dapat terapkan secara cepat untuk memberikan informasi yang akurat, terutama pengolahan data laporan kas masuk dan kas keluar.

1.3 Meteodologi Penelitian


Metode yang digunakan dalam penyusunan tugas Rekayasa Perangkat Lunak ini menggunakan metode waterfall.


a. Requiretmen
Metode ini menggunakan dengtan cara pengumpulan data atau mencari I nformasi dari buku dan situs yang berkaitan dengan rekayasa perangkat l unak.

b. Design
Deskriptif dengan kata lain memberikan gambaran kepada para pembaca yang di desaign dalam bentuk blog sehingga pembaca tertarik denagna apa yang digambarkan.

c. Coding
Penulis mengimplemantasikan teori dengan kata-kata yang didapat dari tinjauan pustaka dan sumber terkait

d. Test
Memberikan penjelasan lebih lanjut terhadap pertanyaan dari para user dan saran yang bersifat membangun.

e. Maintenance
Untuk menjamin blog yang dibuat selalu menjadi perhatian para user dan data yang ditampilkan pada blog harus selalu up to-date.


1.4 Sistematika Penulisan

Untuk penulisan mengenai uraian tentang masalah pokok yang akan dibahas dalam proposal ini, maka penulis akan menggunakan system penulisan sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini dikemukakan pendahuluan yaitu latar belakang, , batasan masalah, tujuan, metodologi penulisan dan sistematika penulisan.

BAB II PEMBAHASAN
Pada bab ini akan diuraiakan mengenai penjelasan mengenai langkah-langkah dari awal hingga akhir dalam membuat tugas Rekayasa Perangkat Lunak yang akan dikembangkan melalui blog.

BAB III LANDASAN TEORI
Pada bab ini menjelaskan tentang pengertian serta sejarah Restoran sam’s anna.

BAB IV IMPLEMENTASI PROGRAM
Pada bab ini penulis akan membahas Implementasi system yang telah dirancang.

BAB V PENUTUP
Pada bab terakhir ini penulis membuat kesimpulan dari apa yang telah dipaparkan dan dibahas dalam bab – bab sebelumnya. Sebagai tindak lanjut dari kesimpulan maka pada akhir penulisan dikemukakan saran-saran yang berhubungan dengn masalah yang telah dibahas.

Tidak ada komentar: