Senin, 07 April 2008

BAB II

BAB II
LANDASAN TEORI

Pada bab ini penulis memaparkan teori dasar tentang Rekayasa Perangkat Lunak dan pengertian Blog, yang merupakan tugas dasar dari mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak dimana penulis mencoba membuat blog yang berisikan tentang Pengolahan Data pada Restoran Sam’s anna. Pengertian serta tujuan.

2.1 Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak

Reyasa Perangkat Lunak adalah teknis yang berkaitan dengan pembuatan dan pemeliharaan produk perangkat lunak secara sistematis.Sedangkan Blog adalah catatan pribadi seseorang di internet.

2.2 Pengertian Kas

Kas merupakan aktiva yang paling lancer yang digunakan sebagai alat pembayaran untuk membiayai kegiatan operasi perusahaan.Selain itu kas juga merupakan salah satu komponen laporan keuangan yang disajikan didalam neraca sebagai aktiva lancar.Oleh karena itu kas harus direncanakan dan diawasi dengan baik.Adapun ci-ciri kas yaitu :
a. Digunakan sebagai alat pembayaran
b. Dapat digunakan sebesar nilai nominalnya

Yang termasuk kedalam golongan kas adalah :
a. Uang tunai
b. Uang Simpanan di bank
c. Cek yang diterima sebagai alat pembayaran dari pihak lain
d. Wesel pos, karena wesel dapat ditukarkan dengan uang

Sedangkan yang tidak termasuk kedalam golongan kas adalah :
a. Surat berharga, seperti saham
b. Wesel tagih / piutang wesel : karena waktu penagihan sudah ditentukan

Hal-hal yang menyebabkan selisih kas yaitu :
a. Kehilangan akibat kekeliruan pada saat transaksi penjualan.
b. Jumlah yang diterima atau dikeluarkan lebih besar atau lebih kecil dari jumlah yang seharusnya dicatat.
c. Adanya uang palsu.
d. Kesalahan mencatat.

Didalam restoran sam’s anna juga terdapat kas kecil yang artinya dana yang disediakan untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran dalam jumlah yang relative kecil.

2.3 Pengertian Penerimaan Kas

Penerimaan Kas merupakan hasil dari kegiatan transaksi-transaksi penerimaan secara tunai.Sumber penerimaan unag kas yang lazim dalam perusahaan berasal dari penjualan tunai, penerimaan kas pelunasan piutang untuk penjualan kredit, dan penerimaan lainnya seperti hasil penjualan investasi sementara atau penjualan aktiva tetap perusahaan.Agar semua hasil penerimaan ini dapat diamankan dan menjadi milik perusahaan maka pengawasan intern yang baik harus diciptakan dan dibina.

2.4 Pengertian Pengeluaran Kas

Pengeluaran kas merupakan hasil dari kegiatan transaksi-transaksi pengeluaran uang secara tunai.

2.5 Tujuan Laporan Keuangan
Adapun tujuan laporan keuangan diatas adalah untuk menyatakan pendapat atas kewajaran dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasil usaha, dan arus kas yang sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum.

Tidak ada komentar: